TRAVEL WRITER

RESENSI BUKU
DARI HOBI MENJADI PROFESI
Oleh: Asti Muajizah

Judul Buku     : Travel Writer
Penulis            : Raden Yudasmoro Minasiani
Penerbit          : Metagraf, Solo
Tahun Terbit  : 2012
Tebal Buku     : XII, 204 halaman

Buku ini menggambarkan panduan menjalani sebuah profesi di dunia traveling, ya! Travel Writer, adalah seorang penulis perjalanan, jurnalis sekaligus fotografer, yang mampu mendedikasikan kemampuannya mengungkap cerita-cerita  tentang esensi dari sebuah perjalanan. Selain mengupas bagaimana survive menjadikan Travel Writer sebagai profesi utama, buku ini juga mengupas rahasia mengapa Travel Writer harus bersentuhan erat dengan dunia jurnalistik, fotografi, dan juga bisnis.

Profesi Travel Writer, sudah cukup lama digandrungi oleh para pelancong dari negara- negara Barat, di Indonesia sendiri profesi ini sudah mulai ada di era tahun 1980-an, dengan tokoh- tokohnya seperti Hok Tanzil, seorang profesor, dan Norman Edwin, seorang pendaki gunung, pecinta alam legendaris, & wartawan. Profesi Travel Writer tidak harus mengenyam pendidikan jurnalistik formal. Kebanyakan dari penulis jenis ini adalah freelance, sekadar melampiaskan hobi, ikut- ikutan lalu ketagihan, dan akhirnya menjadi profesi utama.

Buku ini menjelaskan secara detail pengetahuan tentang, apa itu Travel Writer? , mengenal jurnalistik, fotografi dan traveling, mengenal dan memulai travel writing, hingga contoh- contoh artikel tentang perjalanan, dan masalah apa saja yang dihadapi dalam menjalankan profesi sebagai seorang Travel Writer?.

Buku karya Raden Yudasmoro ini, juga mengajak para pembaca khususnya anak muda yang hobi backpacker-an untuk mulai menulis dan menjadi penulis perjalanan. Hal ini karena, kecintaan penulis pada dunia tulis- menulis membawanya pada keputusan untuk menjadi seorang freelance Travel Writer sepenuhnya, mulai tahun 2008 dan meninggalkan dunia restoran untuk selamanya. Dalam memaparkan tentang buku ini, penulis begitu blak- blakkan, sehingga para pembaca akan tersanjung. Kini penulis buku Travel Writer ini, aktif menulis di beberapa media cetak papan atas seperti Garuda Inflight, dan beberapa puluhan media cetak papan atas lainnya.

Kelemahan buku ini adalah dicetak di kertas buram, namun pada halaman 69-100 dicetak dengan kertas kualitas bagus, dan disertai gambar- gambar yang menarik. Sedangkan kelebihan dari buku ini adalah isinya sangat sederhana namun dijelaskan secara detail sehingga mudah untuk dipahami. Bahasa dalam buku ini, adalah bahasa baku, namun disertai dengan istilah asing dan penjelasannya yang berkaitan dengan dunia Travel Writer.

Singkatnya buku ini, bisa menjadi rujukan yang pas untuk anda yang berminat menjadi seorang Travel Writer. Buku ini juga cocok untuk anda yang ingin tahu lebih banyak tentang Travel Writer atau bagi anda yang ingin berkecimpung di dunia Travel Writer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksara Jawa lengkap

Panggih Manten

MATERI BAB 47-50 MINNA NIHON GO 2