MATERI BAB 47-50 MINNA NIHON GO 2
Pola ke 1
Kt biasa + そうです。(kabarnya/katanya......)
Pola ini dipkai apabila ingin menyampikan sesuatu kpd org lain, dr suatu sumber. Biasanya diikuti kt .....によると (menurut).
1. みのりのカレンダーによると、こんしゅうの土曜日は べんきょうする そうです。
( menurut kalender minori, sabtu minggu ini katanya belajar).
2. ニュースに よると 日本に 地震が あった そうです。
( menurut berita、dijepang telah terjadi gempa).
3. 日本で ごみをすてるとき、おかねを はらわなければ ならない そうです。
( di Jpg, katanya pada saat membuang sampah harus bayar).
Skrg yg menggunakan kt sifat dan kt benda.
1. デニさんは まいにち、いそがしい そうです。
( sdr deni, katanya setiap hari sibuk).
2. にほんにつなみが あったとき、母は しんぱいだった そうです。
( di Jpg pd saat terjadi tsunami, katanya ibu merasa cemas).
3. せがたかくて、ハンサムで 、あのひとは 先生だ そうです。
( badannya tinggi, ganteng, dia katanya seorang guru).
kt sifat, kb + ようです。
kata sifat い。
1. あのりょうりは とうがらしが おおくて、からい ようです。
( masakan itu bnyk cabenya, sepertinya pedas).
Kta sifat な 、 huruf な ikut.
1. さくらは きれいな ようです。
(bunga sakura, sepertinya indah).
Kb の
1. デニさんは みのりへ 来なくて、びょうきの ようです。
( sdr deni tdk dtg ke minori, sepertinya sakit).
Pola ke 2.
kt biasa + ようです。(sepertinya.......).
Pola ini dipakai menyatakn suatu perkiraan subjektif dr pembicara berdasarkan informasi yg diterima melalui panca indera..( lidah, mata, telinga dll).
kata kerja
1. 日本で はたらくのは たくさん お金を もらう ようです。
( bekerja di jpg, sepertinya dapat banyak uang).
2. てんきが いいね。きょう あめが ふらない ようです。
( cuacanya bagus yah, sepertinya tdk akan turun hujan).
3. さっき、となりの きょうしつに リキ先生が いた ようです。
( tadi dikelas samping, sepertinya ada riki sensei).
Pola ke 3
1. おとが します。( terdengar bunyi).
2. へんなこえが します。( terdengar suara aneh).
3. おいしい においが する。( terasa bau yg enak).
4. おいしい あじが する。( berasa rasa yg enak).
Pola ke 1
Perubhan kata kerja しえき( perintah).
1. Kt kerja golongan 1
い わ
ち た + せます。
り ら
び ば
に な + せます。
み ま
き か
ぎ が + せます。
し さ
contoh:
かいます > かわせます。
まちます > またせます。
とります > とらせます。
dst。
2. Kt kerja golongan 2
ます hilang diganti させます。
食べます > たべさせます。
あけます > あけさせます。
みます > みさせます。
でます > でさせます。
Spesial :
あびます > 浴びさせます。
かります > かりさせます。
3. kt golongan 3
きます > こさせます。
します > させます。
べんきょうします> 勉強させます。
Penggunaan kt kerja しえき。
org 1 は org 2 を kt kerjaしえき。
Untuk pola yg pertama ini, jangan pke objek ( transitif) .
1. 先生 は がくせい を かかせます。
( guru menyuruh siswa menulis).
2. 母 は むすめ を あびさせます。
( ibu menyuruh anak perempuanya mandi).
3. わたし は おとうと を スーパーへ いかせます。(saya menyuruh adik pergi ke supermarket).
Yang menggunakan kt transitif ( perlu objek).
Org 1 は org 2 に objek を kt しえき。
1. 母 は むすめ に さら を あらわせます。
( ibu menyuruh anak perempuanya mencuci piring).
2. 先生 は がくせい に かんじ を かかせます。
( guru menyuruh murid menulis kanji).
Pkai kata intransitif ( tdk pke objek ), lgsung kt kerja setelh org ke 2.
catatan, untuk yg transitif tdk bisa pke わたしに
Pola ke 2
しえき bentuk て + いただけませんか。
( dapatkah anda mengijinkan saya........) pola ini sm dg ....ても いいですか。dipakai ketika meminta ijin, namun lebih sopan.
1. いすに すわっても いいですか。
( bolehkah mengijinkan sy duduk?).
# いすに すわらせて いただけませんか。
( bolehkan mengijinkan sy duduk?)
( sopan).
2. でんわを しても いいですか。
( bisakah mengijinkan sy telpon?).
# でんわを させていただけませんか。
( bisakah mengijinkan sy telpon?).
( sopan).
Bab 49
けいご( kata hormat).
1. そんけいご ( kt menghormati) lebih bnyak dpkai buat bertanya kpn orang lain dg sopan.
2. けんじょうご ( kata merendahkan diri) lebih bnyak dipakai buat menjawab dr pertanyaan そんけいご。
1. そんけいご
そんけいご dengan menggunakan kalimat pasif.
1. 皆さんは いつ 日本へ いかれますか。
( kpn kalian, pergi ke jpg?)
2. 先生は さっき かえられました。
( guru tadi sudah pulang).
2. そんけいご
Yang menggunakan pola,
お kt kerja ます + に なります。
Penting!! Untuk kt kerja yg satu suku kosakata います、でます、みます、きます dan kt kerja golongan 3 ( きます、します) tdk bisa.
1. しゃちょうは じむしょに おはいりに なりました。
( kepala perusahaan sudah masuk kantor).
2. さとうさんは この レポートを およみに なりましたか。
( apakh saudara Satou, sudah membaca laporan ini?).
Bentuk pasif
1. Gol 1
Vocal い berubah ke あ+ れます。
い > わ
2. Gol 2
ます hilang られます。
食べます> たべられます。
3. Gol 3
きます> こられます。
します> されます。
3. そんけいご
そんけいご dengan kata kerja khusus.
いらっしゃいます ( いきます、きます、かえります)
めしあがります ( たべます,のみます)
おっしゃいます ( いいます)
ごぞんじです ( しっています)
ごらんになります ( みます)
なさいます ( します)
くださいます (くれます)
1. 先生は いま どこに いらっしゃいますか。( guru skrg ada dimna?).
2. 部長の おくさんの 名前を ごぞんじですか。( apakh kmu thu nama istri kepala bagian?)
Jadi ada 3 macam cara mengungkapkan bahasa dg そんけいご。
4. そんけいご juga bisa dipkai dalam bentuk kalimat perintah
Pola:
お kt kerjaます+ ください。
Namun untuk kt khusus, selain めしあがります dan ごらんに なります tidak bisa.
1. いすに おかけ ください.
( silhkan duduk dikursi).
2. きょうしつに おはいりください。
( silahkn masuk kelas).
3. にくを おめしあがり くだださい。
( silhkn dimakan dagingnya).
5. Penggunaan お dan ご。
お+ kosakata jpg /kunyomi ( cara baca kanji).
おくに
おさけ
おかね
おなまえ
おしごと
dll ( hafalin sj yg ada).
ご+ kosakats china / onyomi (cara baca kanji).
ごかぞく
ごけっこん
ごあんぜん
ごあんない
dll
6. Ragam penggunaan そんけいご
1. ぶちょうの おくさま も ごいっしょうに ゴルフに いかれます。
Berasal dari :
ぶちょうの おくさん も いっしょうに ゴルフに いきます。
7. Penggunaan ....まして.....
まして disini bentuk sopan dr pola ....て....
1. 先生は こどもが 4人 いて、しごとが たいへんです。
# 先生は こどもが 4人 いまして、しごとがたいへんです。
Pola ke 1
お kt kerja golongn 1, 2 ます + します。
#tdk bisa untuk kosakata yg terdiri dr satu suku kosakata, seperti
います、みます、でます dll.
1. ははが 料理を おつくりします。
( ibu membuat masakan).
2. だい49かの 問題を おかきしました。
( sy sudah menulis mondai bab 49).
Subjeknya pke が、 untuk merendahkn diri untuk sendiri dan lawan bicara.
Pola ke 2
ご kt kerja gol 3
Untuk ご ini hanya bisa golongan 3. Kecuali きます( datang).
1. わたしが これから 文法を ごせつめいします。( mulai skrg, sy akan menjelaskan pola).
2. あした けんがくのとき、先生が ごあんないします。 ( besok pd saat peninjauan, guru yg akan mengantar melihat lihat).
#でんわします dan やくそくします tdk bisa pke ご。#
kpn hrs pakai まいります dan うかがいます
1. まいります ( sekolah, supermarket, dll).
2. うかがいます ( rumah/ うち /おたく).
1. わたしは インドネシアから きました。
# わたしはインドネシアから まいりました。( sy datang dr Indonesia).
2. わたしは 3ねん 日本に いました。
# わたしは 3ねん 日本に おりました。
( sya tinggal di jpg selama 3th).
3. まいにち、日本語を 勉強します。
# まいにち、日本語を 勉強いたします。
( sy setiap hr bljar bhs jpg).
Perkenalan
はじめまして
わたくしは アスティムアジザ ともうします。/ でございます。
アスティ とおよびください。
インドネシアから まいりました。
23さい で ございます。
ジーエスエレテックの じっしゅうせい でございます。
どうぞ よろしく おねがい いたします。
Owarimashita....
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