MATERI BAB 40-42 MINNA NIHON GO 2

Oke skrg kita akan masuk materi baru bab 40.
Pola ke 1

Kt tanya + kt biasa か、......
Pola ini dipakai untuk memasukn kt tanya pd klimat induk.

Kt kerja dan kt sifat い。

1. みなさんは いつ 日本へ いくか、先生にきいてください。(kalian, kpn pergi ke jpg?, tolong tanyakan pd guru).

2. わたしは だれとけっこんするか、わかりません。( saya, akan menikah dg siapa?, sy tdk tahu).

3. Iphone 12 は いくらやすいか、インターネットでしらべます。( iphone 12, seberapa murahnya?, sy akan periksa di internet).

4. パーティーは いつが いいか、おしえてください。( pesta, baiknya kpn?, tolong kash tahu saya).

Lanjut yg menggunakan kt sifat な dan KB.. untuk 2kt ini tdk pkai だ

1. さくらは どこに いちばん きれいか、しっていますか。( sakura yg pling indah dmn?, tahu tdk?).

2. 日本は どんなくにか、いきたいです。
( jpg , negara yg seperti apa?, sy ingin pergi).

Pola ke 2

Kt biasa + か どうか、.....

Untuk pola ini, tdk diikuti kata tanya.

1. こんばん、あめが ふるか どうか、わかりません。(nnt mlm, turun hujan atau tdk?, sy tdk tahu).

2. わすれものが ないかどうか、たしかめてください。( ada yg tertinggal atau tdk?, tolong periksa).
Berbeda dg ini:

かいものするとき、おかなが あるかどうか、たしかめてください。( pd saat berbelanja, ada uang atau tdk?, tolong periksa. (Pke ある、karena berharap ada.)

3. こんしゅうのしけんは かんたんかどうか、せんぱいにききます。(ujian minggu ini, mudah atau tdk?, sy akan bertanya sm senior).

4. あのひとは 先生かどうか、しりたいです。( dia, guru atau bukan?, sy ingin tahu).

Pola ke 3.

.....て みます。(mencoba.....).

1. これから、日本りょうりを たべてみます。(mulai dari sekarang sy akan mencoba mkn masakan jepang).

2. ふじさんに のぼってみたいです。( sy ingin mencoba mendaki gunung fuji).

3. かんじを べんきょうして みなければなりません。( saya harus mencoba beljar kanji).

Dll みますnya digabung dg pola lain.

Pola ke 4

Kata sifat い diganti さ。

たかさ
ながさ
おもさ
おおきさ

1. あのビルの たかさは なんメートルですか。(tinggi gedung itu berapa meter?).

2. このにもつの おもさは 100キロです。(berat barang ini 100kg).


# untuk berat badan dan tinggi badan, tdk bisa menggunakan kt おもさ dan たかさ。

Berat badan (たいじゅう)
たいじゅうは なん キロですか。

Tinggi badan (しんちょう).
しんちょうは なん センチですか。

Pola ke 5

どうでしょうか。(どうですか)
さしみは どうですか。
さしみは どうでしょうか. 
Sashimi bagaimana?..
Jawab: おいしいです。
jawabnya tetap pke です。


Pola ke 1

Kb1 は kb2 に を やります。(memberi .....) memberi kpd lawan yg lebih rendah kedudukanya. 

1. わたしは さるに バナナを やります。
(saya akan memberikan pisang untuk monyet).
2. ちちは いもうとに おかしいやりました。
( ayah memberikan snack kepada adik).
3. ぶちょうは しゃいんに ボールペンを やりました。( kpla bagian, memberikan pulpen kpd pegawai).

Pola ke 2

Kb1 は kb2 に objek を いただきます。(menerima.......) menerima dri orang yg kedudukannya lebih tinggi dr org 1.

1. わたしは しゃちょうに ボーナスを いただきました。(sy menerima bonus dr kepla perusahaan).
2. がくせいは 先生に しゅくだいを いただきました。( murid menerima PR dr guru).

Pola ke 3

Kb1 は kb2 に objek を くださいます。(memberi kpd sy/keluarga sy........) 
si pemberi orang yg kedudukanya lebih tinggi dr saya/keluarga sy.

1. 先生は わたしにじしょをくださいました。(guru memberikan kamus kepda saya).
2. けいさつは ちちに うんてんめんきょを くださいました。(polisi memberikan SIM kepada ayah).

Pola ke 4

.....てやります。

1. わたしは はなにみずをいれてやります。( sy akan menyiram air untuk tanaman).
2. そぼは まごにまんがをよんでやります。( nenek membacakan komik u/ cucunya).

Pola ke 5

...て いただきます。

1. わたしは 先生に じしょを かしていただきました。( saya dipinjami kamus oleh guru).
2. わたしは けいさつに まちのちずを かいていただきました。( sy digambarkan peta kota oleh polisi).

Pola ke 6

...て くださいます。

1. 先生は わたしに かんじを おしえて くださいます。( guru akan mengajari saya kanji).
2. しゃちょうは ちちに りょこうのしゃしん を みせてくださいました。
( kpla perusahaan memperlithkn foto jln2, kpd ayah).

Pola ke 7

.....てくださいませんか。
( daptkh anda......) 
pola ini sm dg pola て いただけませんか。(lebih sopan).

1. みちを おしえて くださいませんか。
(dptkh menjelaskan jln untuk saya?).
2. こうべ へ あんないして くださいませんか 。(dptkh mengantar saya melihat2 kobe?).

Pola ke 8

Moment に kt kerja.

Partikel に berarti "sebagai tanda/kenangan.

1. こいびとのたんじょうび パーティー ねくたいを あげました。( sy memberikan dasi, sebagai kenangan di ultah pacar).
2. けっこんきねんび うちを たてます。(sy akan membuatkan rumah, sebagai tanda peringatan pernikahan).


Pola ke 1

(tujuan) kt kamus, kbの + ために... ( usaha) (.....demi/untuk.....).

1. こいびとと けっこんする ために、いっしょうけんめい はたらきます。( demi menikah dg pacar, sy bekerja dg sungguh sungguh).

2. せんせいに なる ために、だいがくに はいりたいです。( untuk menjadi guru, sy ingin masuk universitas).

kbの

1. じぶんのしょうらいの ために、日本へはたらきにいきます。( demi masa depan sendiri, sy pergi ke jpg untuk bkerja).

2. あなたの ために、なんでもします。
( demi kmu, apapun sy lakukan).

Pola ke 2.

Kt kamus のに........(....untuk......).
KB に.....(.......untuk.....).

Biasanya diikuti kt kerja: 
つかいます、やくにたちます、じかんがかかります、いいです、べんりです、ひつようです。

1. ナイフは にくをきる のに つかいます。
( pisau dipakai untuk memotong daging).

2. LMS アプリケーションは ちょうかいを れんしゅうする のに やくにたちます。
( aplikasi LMS, bermanfaat untuk berlatih pendengaran).

Yg menggunakan kt benda に

1. このじしょは ちいさいし、じも みえないし、 べんきょうに ふべんです。( kamus ini kecil, dan tulisanya tdk terlihat, tdk praktis buat belajar).

2. どらやきは にほんの おみやげに いいです。( kue dorayaki, bagus untuk oleh oleh jpg).

Pola ke 3 dan 4

Bilangan は ........(nilai min)
Bilangan も .......(nilai max)

1. れいぶんを つくるのに 5ふんは かかります。(untuk membuat contoh kalimat memerlukan minimal waktu 5 menit).

2. へえ、れいぶんを つくるのに 5ふんも かかります? ( apakh membuat reibun memerlukan waktu max 5 menit).

Owarimashita, yoroshiku onegai shimasu... 
🤗

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksara Jawa lengkap

Panggih Manten

MATERI BAB 47-50 MINNA NIHON GO 2