MATERI BAB 43-45 MINNA NIHON GO 2
Pola ke 1
Kt kerja ます+ そうです。( kelihatanya....)ます pada kata kerja hilang, dan ditambah そうです。
ふります > ふり+ そうです。
pola ini menunjukan keadaan yg dilihat pda saat itu. Identik dg kt kerja じどうし。 Biasanya ada kt tambhn: いまにも、もうすぐ、これから。
1. いまにも、でんきが きえ そうです。
( sbntar lagi, kelihatannya lampunya akan mati).
2. 7 じになりましたから、みちが こみ そうです。( karena sudah jm 7, kelihatanya jalanya akan macet).
Pola ke 2
Kt sifat い / な+ そうです。(kelihatanya....)
•Kt sifat い (huruf い、dibelakang hilang).
1. ニサさんのじてんしゃは あたらし そうです。( sepeda nisa, kelihatanya baru).
2. インドリさんは しごとが たくさん あって、いそがし そうです。(karena sdr indri bnyk kerjaan, kelihatanya sibuk).
3. インタンさんは あたまが よさそうです。(intan, kelihtnya pandai).
Untuk kt sifat いいです berubah jd
よい よさそうです。
• Kt sifat な
1. あのひとは げんき そうです。(dia kelihatanya sehat).
2. とおいところから、フィコさんはハンサム そうです。( dr kejauhan, sdr fiko kelihatanya ganteng).
Misal ada klimat tnya:
フィコさんはじょうず そうですか。(apkh sdr fiko, kelihtnnya pandai?).
jwb:
はい、じょうず そうです。
いいえ、じょうずじゃな さそうです。
( tdk、kelihtnya tdk pandai).
Untuk ない 、sm dengan いい 。
pke .. さそうです。
Pola ke 2.
Kt kerjaて きます。( melakukn sesuatu, trs kembali lagi).
Biasanya durasi waktunya tdk lama, mknya identik dg kt ちょっと(sebentar).
1. ちょっと コーヒーを いれてきます。
(sebentar saya buat kopi).
2. ちょっと、そとで たばこを すってきます。( sebentar merokok di luar).
Bisa juga:
3. がっこうへ いってきます。( sy pergi ke sekolah ). Dan blik lgi ke rumah.
いまにも ( perubahanya lebih ke benda).
いまにも でんきがきえそうです。
もうすぐ ( perubahnya lebih ke waktu / keadaan/ moment).
もうすぐ べんきょうが おわりそうです。
Pola ke 1
Kt kerja ます+ すぎます( terlalu....). menyatakan sesuatu yg berlebihan/ melampaui batas.
たべます > たべ すぎます。
1. きのうのばん、だんじきあけのとき、たべ すぎました。( kmarin mlm, pd saat buka puasa, terlalu bnyk makan).
2. はたらき すぎましたから、びょうきに なりました。( karena terlalu bnyak bekerja, jd sakit).
3. おかね を つかい すぎては いけませんよ。( tdk boleh terlalu memakai banyak uang).
Yg menggunkan kt sifat
Kt sifat い ( huruf い hilang + すぎます).
1. このシャツは ちいさ すぎますから、きられません。( karena baju ini terlalu kecil, tdk bisa dipkai).
2. せんしゅうの しけんは むずかし すぎました。( ujian minggu lalu, terlalu susah).
Kt sift な
1. フィコさんは ハンサム すぎそうですね。( sdr fiko, kelihatan terlalu ganteng ya).
2. しごとが なくて、ニサさんは ひま すぎる と おもいます。( karena tdk bekerja, sy pikir nisa terlalu bnyk waktu luang).
すぎます ( kt kerja Golongan 2), inget inget!!!
Pola ke 2
Kt kerja ます+ やすい (mudah.....)
Kt kerja ます + にくい ( sulit/ susah.....)
Menyatakan aktifitas yg mudah dan aktifitas yg susah.
1. このかんじは おぼえ やすいと おもいます。( kanji ini, menurut sy mudah di ingat).
2. インスタントラーメンは つくり やすいです。 (mie instan, mudah dibuat).
3. はりは したに おちったら、み にくいです。( jarum klw jatuh kebawah, susah dilihat).
4. じゅうたいで このみちを とおり にくそうです。( karena macet, kelihtnya jalan ini susah dilewati).
Pola ke 3.
Pola yg dipakai untuk mengubah sesuatu menjadi keadaan.
Kt sifat い (...く します).
1. かみを なが くします。
(rambutnya dipanjangin).
2. ねだんを やす くして ください。
(tolong harganya dimurahin).
Yg tadinya partikel が berubah jadi を。
かみ が ながい
ねだん が やすい
Klw untuk makanan, itu lebih tepatnya dihangatkan...あたたかくします。
この たべもの を あたたかくして ください。
(Tolong hangatkan makanan ini ).
Skrg yg menggunkan kt sifat な dan kb.
kt sifat な / KB にします。
1. へやを きれい にします。( merapihkan kamar).
2. このクラスは ルールが ないから、すき に しろ。( dikelas ini karena tdk ada aturan, silahkan sesuka hati).
3. こんばんの りょうりは カレーライス にしたいです。( masakan nanti malam, sy ingin membuat kare).
Pola ke 4
Kb に します。( untuk menyatakan pilihan atau keputusan).
1. のみものは コーヒー にしますか 、おちゃ に しますか。( minumanya kopi atau teh?).
2. あしたの あうじかんは 10じ にします。( waktu pertemuan buat besok, sy putuskan jm 10).
Pola ke 5.
Kt sifat い ( く)
kt sifat な ( に ) + kt kerja..
Hampir sm dg pola ke 3 namun diikuti kt kerja secara umum.
1. じ を おおきくかいてください。
( tolong tulisannya dibesarin).
2. せつめいを くわし くして ください。
( tolong jelaskan lebih rinci).
3. 日本語を じょうず に はなしましょう。
( mari bhs berbicara bhs jpgnya di bagusin/ dipinterin).
4. このみせで ふくを すき にえらびます。
( bebas memilih pakaian d toko ini).
5. れいぶんを かんたんに つくってください。( tolong bikin contohnya yg mudah).
Pola ke 1
Pola yg dipakai untuk menanggapi suatu keadaan, dan diikuti cara penanggulanganya.
kt kamus, kt kerja た、kt kerja ない + ばあいは......( apabila.....)
1. あめが ふる ばあいは、かさを もっていかなければ なりません。
(apabila akan turun hujan, harus pergi membawa payung).
2. テレビが こわれた ばあいは でんきやさんに れんらくしてください。
( apabila tv-nya rusak, tolong hubungi tukang elektronik).
3. つかいかたが わからない ばあいは せつめいしょを みたほうが いいです。
( apabila tdk mengerti cara penggunaanya, sebaiknya liht buku petunjuk).
skrg
kt sifat な、kt sifat い、kbの + ばあいは、.......
1. からだのちょうしが わるい ばあいは、ゆっくりやすんで ください。
(apabila kondisi badannya tdk baik, tolong istirahat dg tenang).
2. 日本語が へたな ばあいは, もっと れんしゅうしたほうがいいです。(apabila bhs jpgnya kurang, sebaiknya rajin berlatih).
3. つなみの ばあいは, たかいところに のぼります。( apabila terjadi tsunami, naik ke tempat yg tinggi).
4. まちがいでんわのぼあいは、あやまったほうがいいです。
(Apabila salah sambung, sebaiknya meminta maaf).
dibelakang ばあいは、penanggulangan.
Pola ke 2
Kt biasa のに.....(walaupun....)
Pola ini hmpir mirip dg ....ても、 namun のに dipakai pd kegiatan/aktivitas yg sudah terjadi.
1. 2ねん 日本に すんでいる のに 日本語が へた です。
( walaupun sudah tinggal di jpg 2 th, tetapi bhs jpgnya msh kurang).
2. こいびとと わかれた のに しゃしんを もっています。
( walaupun sudah putus dg pacar tetapi masih menyimpan fotonya).
3. このみせは まずい のに ねだんが たかいです。
(walapun toko ini rasanya tdk enak, tetapi harganya mahal).
4. かれにあやまったのに、いつもけんかします。
(Walopun sudah meminta maaf ke pacar tetapi selalu bertengkar).
Skrg
Kt sifat な、kb な
1. インドリさんは 日本語が じょうずな のに, あまり はなしません。
( walapun indri pinter bhs jpg, tetapi jarang bicara).
2. 先生な のに べんきょうしなければ なりません。
( walaupun guru, tetapi harus tetap bljar).
3. ふくざつなのに、あきらめません。
(Walopun rumit, tidak putus asa).
Sesi tanya???
Sumimasen sensei, mau tanya untuk pola すぎます kalo bentuk negatif yg di ubah すぎますnya atau sebelum nya sensei?
Terus kalo いい jadinya bagaimana sensei?
すぎます> すぎません。
はたらき すぎません。
いい > よい > よすぎます。
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