MATERI BAB 28-30 MINNA NIHON GO 2

Pola ke 1
Pola yg dipakai untuk menggabungan dua aktifitas (sambil). ますnya ilang ditambah ながら。

Kt ます+ ながら........(sambil.....).

1.うたを うたい ながら、シャワーを あびます。( mandi shower sambil bernyanyi).

2. テレビを み ながら、ごはんを たべます。(makan sambil menonton tv). 

Aktivitas utama, diletakan di belakang.
Sensei misal digabung dg pola lain bisa tdk??? Tentu bisa.

1. にほんで りょこうしながら、はたらきたいです。( sy ingin bkerja sambil jln2 di jpg).

2. おんがくを ききながら、べんきょうして います。( beljar sambil mendengarkan lagu), rutinitas.

Pola ke 2

Pola yg dipakai untuk menyatakan kegiatan yg rutin dilakukn(kebiasaan). Biasanya ada keterangan waktu: 
まいあさ、まいにち、まいばん、まいしゅう、まいつき、まいとし。


......て います。

1. まいあさ、せんたくをして います。(setiap pagi mencuci pakaian).

2. こどものとき、まいにち、 かわで およいで いました。( pd waktu kecil, sy setiap hr berenang di kali) lampau.

Bisa juga;

きんようびは しけんを して います。
( hari jumat, melakuan ujian). Meski tdk ada keterangn rutintas, tp menggambarkan ujianya itu setiap jumat..karena tdk ada kt まいきんようび。

Pola ke 3. 

Pola ini dipakai untuk menggabungkan beberapa klimat. Hampir sm dg ....て....て ataupun ....たり .....たり します。


Kt biasa し、kt biasa し、......

1. らいねん、にほんへ いくし、さくらも みるし、かいものも できます。( tahun dpn, saya akan pergi ke jpg, dan meliht sakura, dan juga bisa berbelanja).

2. フィコさんは ハンサムだし、しんせつだし、いいひとです。( sdr fiko, ganteng, baik hati, dan orangya baik).

Untuk kt sifat な、ditambah だ。

Pola ke 4 dan 5

Perbedaan それに (lalu/dan lgi) 
dan それで( jadi).

1. リアさんは きれいだし、しんせつだし、 それに いいひとです。(sdr ria, cantik, baik hati, dan lagi orang yg baik).

2. リアさんは きれいだし、しんせつだし、 それで おおいひとが 好きです。 (sdr ria cantik, baik hati jadi bnyk org yg suka).

Pola ke 6 

partikel に  (ke) tujuan akhir/goal jd pke に。sdgkan へ tujuan saja, bukan tempat akhir.

Perbedaan :
じどうし (intransitif) dan たどうし(transitif).

ドア あきます    ドアあけます

ドア しまります   ドア しめます

でんき つきます   でんき つけます

じどうし identik dg partikel
(menunjukan suatu keadaan).
たどうし identik dg partikel (menunjukan perbuatan).

Jidoushi+が ==> Tadoushi+を

あきます    あけます(membuka)

しまります   しめます(menutup)

つきます    つけます(menyalakan).

きえます    けします(mematikan).

こわれます   こわします(mengotori)

われます   わります( memecahkan)

おれます   おります(mematahkan)

やぶれます   やぶります(merobek)

よごれます  よごします(mengotori)

つきます     つけます(menempelkan)

はずれます   はずします(melepas)

とまります   とめます(menghentikan)

まちがいます   まちがえます ( kesalahan).

おちます   おとします(jatuh)

かかります  かけます(mengunci)


Pola ke 1

Perubahan bentuk ています pada kt kerja じどうし。

KB が ....ています。

1. ドアが あいて います。(pintunya terbuka).
2. ドアが しまって います。(pintunya tertutup).

Menunjukan keadaannya terbuka dan tertutup.
Lanjutan pola ....ています。

Apabila kalimat じどうしnya mengandung kata tunjuk(この、その、あの)

kt tunjuk KB は.....ています。

1. そのコップ われて います。(gelas itu, pecah).
2. このふくろ やぶれて いますから、あたらしいふくろを ください。( karena kantong ini sobek, tolong minta yg baru).

Pola ke 2

......て しまいます/しまいました。( Habis, selesai)

Biasanya ada kta keterangan ぜんぶ。

1. あさごはんは ぜんぶ たべて しまいました。( makan paginya sudah habis dimakan).

2. Minna 1 の ほんは べんきょうして しまいました。(buku minna 1, sudah selesai dipelajari).

Pola ke 3

..... て しまいました。(bersifat penyesalan.....) 
ini biasanya menggunakan kt kerja yg sifatnya memang sedih/ tdk enak: なくします、こしょうします、わすれます、おとします、まちがえます、こわれますdll.

1. でんしゃで かばんを わすれて しまいました。( saya kelupaan tas di kereta). Nyesel.

2. おいのりしてから、モスクで スリッパが まちがえて しまった。( setelah sholat di masjid, sandal sy tertukar).

3. おとうとに おかねが やぶれて しまいました。( uangnya sobek oleh adik).

Pola ke 4

ありました selain memiliki arti "ada" 
ありました ini bisa dipkai ketika menemukan sesuatu.

1. へやを そうじしてから、おかねが ありました。(setelah bersih bersih, sy menemukan uang).

Pola ke 5

どこかで (disuatu tempat)......kt kerja aktifitas.

どこかに( disuatu tempat).....あります/います。

1. どこか  いいかいしゃを しごとするとおもいます。( sy pikir, sy akan bekerja diperusahaan bagus).

2. どこか  きれいな ひとが いるとおもいます。(sy pikir, disuatu tempat ada perempuan yg cantik).


Untuk pola di bab 30 ini tentang て あります (たどうし).
klw kmrin bab 29 て います(じどうし).

Pola ke 1

KB に KB が.....て あります。( Ter......).

1. かべ とけい かけて あります。
(jam tergantung di dinding).

2. さいふ おかね しまってあります。(uang tersimpan di dompet).

うえてあります(tertanam)
よやくしてあります(terpesan)
Dll

かべに こいびとのしゃしんが かけて あります。(tergantung foto pacar di dinding).

こうえんに さくらが うえて あります。
( tertanam pohon sakura di taman).

Pola ke 2

Merubah objek menjadi topik.
Kb1 kb2 .....てあります。
Dirubah menjadi
Kb2 kb .....てあります。

1. ごみばこ すみ おいて あります。
( tempat sampah, terletak di pojok).

2. チケット インターネット ようやくして あります。(tiket terbeli di internet)

3. もみじきにわのまんなかうえてあります。(Pohon momiji tertanam ditengah2 Kebun). 

4. やさいれいぞうこしまってあります。(Sayuran, tersimpan di kulkas). 

Perbedaan (じどうし)..て います  dengan (たどうし)..て あります。

でんきが ついて います。( lampu menyala). Keadaanya sudah menyala.

でんきが つけて あります。(lampu menyala). Dinyalakan oleh seseorang.

Pola ke 3

......て おきます。(terlebih dahulu....)
Biasanya pola ini, digabung dg ....まえに。

1. ねるまえに、あしを あらって おきます。(sblm tdr, terlebih dahulu mencuci kaki).

2.日本へいくまえに、こいびとに あっておきたいです。(sblm pergi ke Jpg, sy ingin terlebih dahulu bertemu pacar).

3. おかねがたくさんあったら、うちを かっておいて ください。(klw punya uang banyak, tolong terlebih dahulu beli rumah).

...て おきますnya bisa di gabung pola lain.

Kt tanya: なにを して おきますか。

Pola ke 4.

まだ kt kerja positif. (Masih....).

まだ べんきょうします。(masih beljar).

まだ たべて います。(masih sedang makan)

Pola ke 5

それは....

pengganti kalimat sebelumnya.

きのう、こいびとに チョコレートを もらいました。(kemarin, menerima coklat dari pacar). 

それは いいですね。

それは (menjukan coklat yg diberikan oleh pacar tsb).

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