MATERI BAB 37-39 MINNA NIHON GO 2

Pola ke 1

Perubahan うけみ (bentuk pasif) dlm bhs Indonesia artinya " di.....).

1. Gol 1

い     わ
ち     り + れます
り     ら

び    ば
に    な  + れます
み     ま

き     か
ぎ     が + れます
し     さ

2. Gol 2

Tambah kata られます。

たべます     たべられます
でます        でられます

Spesial 
おきます     おきられます
dst

3. Gol 3

きます    こられます
します    されます
べんきょうします    べんきょうされます

Pola ke 2

Org 1 は org 2 に kt kerja pasif. 

Di pola pertama ini, tdk ada objek.

1. わたし せんせい しかられました。(sy dimarahin oleh guru).

2. わたし かのじょうのりょうしん に  きかれました。(sy ditanya oleh ortu pacar).

3. わたし ぶちょう よばれました。(sy dipanggil oleh kepala bagian).

Pola ke 3

Org1 は org2 にobjekを kt pasif.

1. はは どろうぼ おかねを とられました。(ibu uangnya diambil oleh pencuri).

2. わたし ちち けいたいでんわを すてられました。( saya dibuang telpnya oleh ayah).

Yg tdk bisa ( ada unsur org1 mendapat keuntungan).
わたし ともだち しゅくだいを てつだわれました。(sy dibantu mengerjakan PR oleh teman) X
Karena ada unsur keuntungan mka yg benar... てつだって もらいました
Inget yh, klw ada keuntungn pke て もらいました。

pola ke 4

Kt kerja pasif dg subjek benda, bukan orang.
Benda/ hal が/は kt kerja pasif. 

1. みのり 2008ねん に たてらました。
( minori di bangun thn 2008).

2. Iphone 12 きょねん から つくられました。
( iphone 12, dibuat dr tahun kemarin).

3. みのりで 日本語 おしえられました。( di minori, bhs Jpg diajarkan).

Pola ke 5

Kb は org に よって kt pasif ( ....., oleh.....).

1. ひこうき ライトきょうだい に よってはつめいされました。( pesawat diciptakan oleh Write bersaudara).

2. でんわ グラハム・ベル に よって はっけんされました。( telpon di temukan oleh Graham Bell).

3. モナリサの え ピカソ によって つくられました。(lukisan monalisa, dibuat oleh Picaso).

4. かんさいくうこう イタリアじん によって せっけいされました。( bandara Kansai, dirancang oleh org Italia).

Kt tanya:
Penemuan は だれによって .....か。

Pola ke 6

Penggunan 
1.から( wujud aslinya sudah berubah).
2. で (Wujud aslinya masih ada).

1. パンは むぎから つくられます。
(roti dibuat dr tepung).

2. Pisang goreng は バナナ つくられます。
(pisang goreng dibuat dr pisang).


Pola ke 1

Kt kerja kamus のは kt sifat (persaan)です.

Untuk pola ini berupa aktifitas, sdgkn di bab 8 dulu, hanya menjelaskan benda saja.
日本語は むずかしいです。

1. 日本語を べんきょうする のは むずかしいです。(beljar bhs jpg itu, susah).

2. ぎゅうにゅうを のむ のは からだに いいです。(minum susu itu baik untuk tubuh).

Pola ke 2

Kt kamus のが kt sifat (kegemaran, kesukaan, bakat dll)です。

1. 韓国のドラマを みる のが すきです。
(sy suka menonton drama korea).

2. かんじを よむ のが へたです。
(sy tdk pandai membaca kanji).

Pola ke 3

Kt kamus のをわすれました。(lupa.......).

1. きのう、しゅくだい を するのを わすれました。(kmrin sy lupa mengerjakan PR).

2. スーパーで さかなを かう のをわすれました。 ( sy lupa membeli ikan di supermarket).

Pola ke 4

Kt kerja biasa のを しっていますか。
( tahu kah bahwa.......). 

1. せんしゅう、ひがしジャワでじしんが あった のをしっていますか。(tahukah bahwa minggu lalu, di Jawa Timur ada gempa?).

2. こんげつは 日本で さくらが さいて いる のをしっていますか。(tahukah bhwa di Jpg bulan ini sakura sedang mekar?).

Jawaban :
いいえ、しりませんでした。(apabila sudah saling mengenal).
いいえ、しりません。(blm mengenal sebelumnya).

Pola ke 5

Kt biasa のは kt bendaです。
Untuk kt sifat な dan KB pakai な。

1. はじめて、こいびとに あった のは どこですか。(pertama kli bertemu dg pacar, dimana?)
Jwb: 
こいびとにあった のは かいしゃです。(pertama kli bertemu dg pacar di perusahaan).

2. いま、いちばん ほしい のは なんですか。(skrg yg pling kmu inginkan, apa?)
Jwb: 
いちばんほしい のは おかねです。(yg pling saya,ingin kn skrg adalah uang).

3. かぞくで じょうずなひとな のは だれですか。(dikeluarga, org yg pandai siapa?).
Jwb: 
じょうずなひとな のは ちちです。( orang yg pandai keluarga sy adalah ayah).

Pola ke 6

Penggabungan pola とき。
ときや (pada saat... atau....).
ときから( pada saat sejak.....).
ときも ( pada saat....juga...)
Tetap artinya sama..hnya penamban saja.

1. ひまな ときや、いそがしいとき、おいのりします。(pada saat senggang atau sibuk, tetap berdoa).

2. こどもの ときから 、よくかわで およいでいました。(dr sejak kecil, sering berenang di kali).

Pola ke 1

Kt kerja て, kt kerja なくて + ...........
( karena........). 
Namun pola ini tdk bisa untk bentuk kemauan, keinginan, ajakan/permohonan.

1. かぞくに あって、うれしいです。
(sy senang, karena bertemu keluarga).

2. こいびとと わかれて、かなしいです。(sy sedih, karena putus dg pacar).

bentuk なくて

2. にほんごが わからなくて、こまります。(sy mengalami kesulitan, karena tdk mengerti bhs Jpg).

3. しけんが できなくて, がっかりしました。( sy kecewa, karena tdk bisa ujian).

Skrg yg menggunkan 
Kt sifat い、くて
kt sifat な、で

1. ねだんが たかくて、かえません。
(sy tdk bisa membeli, karena harganya mahal).

2. じが ちいさくて, よめません。
(sy tdk bisa membaca karena tulisanya kecil).

Kt sifat な

1.しけんが かんたんで、はやくおわりました。
( cepat selesai ujiannya, karena ujianya mudah).

Pola ke 2

Kt benda で (karena.....). 
Kejadianya biasanya yg berhubungan dg alam/ alami.

1. たいふ おおきい きが たおれました。(karena topan, pohon besar tumbang).

2. ゆき でんしゃが とまっています。( karena salju, keretanya berhenti).

3. ふぶき、でんぱがなくしました。
(Karena badai salju, sinyal menghilang). 

Pola ke 3

Kt biasa ので ....(karena......)
Bentuk sopan/ memperhalus kalimat secara objektif dri si pembicara.

1. あしたは じかんが ない ので、パーティーに さんかできません。
(karena besok tdk ada waktu, sy tdk bisa ikut pesta).

2. このたべものは あまい ので、あまり すきじゃありません。(karena mknan ini manis, jd tdk begitu suka).

Kt sifat な dan KB

1. りんごが すきな ので、まいにち たべています。( karena suka apel, setiap hr sy mkn).

2. らいげつ、かいぎな ので、さんぽできません。(bulan depan karena rapat, tdk bisa jln2).

Pola ke 4

kt kamus, kbの +とちゅうで (ditengah.....).

1. みのりへ いく とちゅうで, じこが あった。(ditengah perjalanan ke minori, ada kecelakaan).

2. しけんの とちゅうで, でんきが きえました。(ditengah ujian, lampunya padam).

3. だんじきの とうちゅうで、ニサさんはみずを のむのをわすれてしまった。
( ditengah berpuasa, Nisa lupa minum air putih).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksara Jawa lengkap

Panggih Manten

MATERI BAB 47-50 MINNA NIHON GO 2