MATERI BAB 25-27 MINNA NIHON GO 1&2

Pola ke 1

Pola kalimat pengandaian, yg bersifat lebih luas.

Kt biasa lampau たら、........

1. あした、じかんが あったら、しょくじしませんか。(klw besok ada waktu, maukah makan bersama?)

2. 日本語が わからなかったら、せんせいに きいてください。(klw tdk mengerti bhs jpg, tolong tanya sama guru).

G ada orang bisa klw tdk berlatih, dan g ada juga orang kaya tanpa usaha. Ini real dunia nyata, bukan dunia .....たら、 dunia hayalan.

lanjut pola ....たら....
kt sifat dan kt benda.

1. きょう、 あつかったら 、 どこも いかないです.
(klw hari ini panas, sy tdk pergi kmn mn).
2. たかくなかったら、あたらしいパソコンを かいたいです。
(klw tdk mahal, sy ingin membeli leptop baru).
3. フィコさんは ハンサムだったら、けっこんしたいです。
(klw fiko ganteng, sy ingin menikah).
4. らいげつ、さくらは きれいじゃなかったら、みにいきません。
(bln depan, klw sakuranya tdk indah, tdk pergi melihatnya).
5. びょうきだったら、こなくてもいいです。
(klw sakit, tdk usah dtg).

Pola ke 1.

Klimat pengandaian secara luas.

Kt lampau biasa ......たら.....(kalau.......)

.....たら.....(kt kerja + )

.....なかったら.......(kt kerja - )

......かったら......(ks い +)

.....くなかったら.....(ks い - )

..... だったら..... (ks な dan kb + )

.....じゃなかったら.....(ks な dan kb - )

Pola ke 2

Kt kerja たら......( kalau sudah......).  Sdkit berbeda dg pola 1, pola ke 2 ini hnya untuk kt kerja dan bersifat saat sudah terjadi.

1. えきに ついたら、でんわして ください。(klw sudah sampai stasiun, tolong telp ).

2. あさごはんを 食べたら、いちばへ 行きます。(klw sudah makan pagi, saya akan pergi ke pasar).

Pola ke 3

Perubahan て+も ......(meskipun.....tetapi.....) sesuatu yg berkeblikan dg kalimat petama.

.....ても......(kt kerja +)

.......なくても......(kt kerja -)

1. まいにち べんきょうしても、日本語が わかりません。(meskipun bljar bhs jpg tiap hari, tetapi tdk mengerti).

2. くるまを かっても、うんてんすることが できません。(meskipun membeli mobil, tetapi tdk bisa mengendarai).

3. わからなくても、がんばります。( meskipun tdk mengerti, tetapi tetap semangat).

Info : いっぱい (bukan kt sifat い) 
klw hubunganya dengan makan maka menjadi 
いっぱいに なります。(menjadi kenyang).
Bukan いっぱく なります。

Skrg kt sifat い

.....くても.....(+)

.....くなくても......(- )

1. このじてんしゃは ふるくても、つかいます。( meskipun sepeda ini tua, tetapi bisa dipkai).
2. いそがしくても 、あなたに あいます。(meskipun sibuk, saya akan menemui kmu).
3. あなたの りょうりは  おいしくなくても 、たべます。(meskipun masakan kmu tdk enak, tetapi saya tetap makan).

Skrg kt sifat な dan kb.

.....でも....(+)

....じゃなくても......(- )

1. フィコさんは ハンサムでも、すきじゃないです。(meskipun fiko ganteng, tetapi sy tdk suka).
2. すきじゃなくても、すこし たべたいです。(meskipun tdk suka, tetapi ingin mkn sedkit).
3. にちようびでも、はたらきます。(meskpun minggu, tetapi tetap bekerja).
4. びょうきじゃなくても 、かいしゃを やすめます.
(meskpun tdk sakit, tetapi tdk masuk kerja).

Apabila ada pertanyaan seperti ini:

おかねが あったら、アメリカへ いきますか。

はい、おかねがあったら、アメリカへ いきます。(ya, klw ada uang, sy akn prgi ke amerika).

いいえ、おかねがあっても、アメリカへ いきません。(tdk, meskpun ada uang, sy tdk akn pergi ke amerika).

あめでも、かいものしますか。

はい、あめでも、かいものします。(ya, walapun hujan, tetap blnja).

いいえ、あめだったら、かいものしません。(tdk、klw hujan, tdk belaja).

Pola ke 4

Penggunana もし dan いくら。

1. もし.......たら

もし日本へ いったら、しんかんせんに のりたいです。(klw pergi ke jpg, sy ingin naik shinkansen).

2. いくら.....ても

いくら たべ ても、おなかが いっぱいに なりません。(sbarapa bnyak mkn pun, tdk membuat perut saya kenyang).

Pola ke 5

Kt benda が

Beberapa pola yg menggunakan subjek partikel が、diantaranya:

......たら
....ても
.....とき
.....と
.....まえに


1. てんき よかっ たら, でかけましょう。(klw cuacanya cerah, mari pergi ke luar).

Pola ke 1

Kt biasa んです。

Pola ini dibagi 3 pola.

1. .....んですか。( pola yg dipkai untuk bertanya /rasa penasaran/kepo).

2. ......んです。( pola ini pengganti kta ....から、karena) sebab akibat).  んです ini dipakai apabila bertemu kt tanya どうして.

3. .....んですが....( dipkai untuk memulai topik pembicaraan).

1. ..... んですか

Didepan pola んです、menggunakan Bentuk biasa.

1. いつ 日本へ いく んですか。(kpn pergi ke jpg?).

2. ひるごはんは なにを たべた んですか。( mkn siang, makan apa?)

3. にちようびは どこも いかない んですか。( apakh hr minggu, tdk pergi kemna mna?)

4. きのう、べんきょうしなかった んですか。( apakh kemarin tdk beljar?).

Kt sifat い。

1. 日本語は むずかしい んですか。(apakh bhs jpg susah?).
2. せんせいの うちは おおきい んですか。(apakh rumah guru, besar?).

Kt sifat な dan kb.
Untuk pola ini harus pke な。

1. にちようび、ひまなんですか.
(apkh hr minggu senggang?).

2. あのかたは せんせいな んですか。(apakh orang itu guru?).

2. .....んです。(karena....)

んです = ...から (karena). 

Pola ini dipakai apabila ada kt tanya どうして。

1. どうして 日本へ いきたい んですか。(knp ingin pergi ke jpg?).

Jwb: 日本で はたらきたい んです。
(karena ingin bekerja di jpg).

2. どうして りんごが すきな んですか。(knp suka apel?).

Jwb: りんごは あまい んです。(karena apel manis).

3. どうして あたらしいくつを かわない んですか。(knp tdk membeli sepatu baru?).

Jwb: おかねがない んです。(karena tdk ada uang).

3. .....んですが......

Pola ini dipakai ketika mengawali pembicaraan.

1. とうきょうへ いきたい んですが、 どの でんしゃに のりますか。(sy ingin pergi ke tokyo, tetapi naik kereta mana ?).

2. ラーメンを たべたい  んですが 、いいレストランが ありますか。(sy ingin makan ramen, tetapi apakah ada restoran yg bagus?).

3. みちが わからない んですが、ちずを かいて いだけませんか。(sy tdk tahu jalan, tetapi apkh kmu bisa menggambarkan peta untuk saya?)

Pola ke 2.

Pola yg dipkai ketika meminta pertolongan/bantuan kpd orang lain secara sopan.

.......て いただけませんか。(dapatkah anda........).

1. せんせい、にほんりょうりを つくって いただけませんか。( sensei, dptkah anda membuatkan masakn jepang untuk sya ?).

2. Kota tua を あんないして いただけませんか。(dptkh anda mengantarkn sya meliht liht kota tua?).

3. ちちの くるまを しゅうりして いただけませんか。(dptkh anda memperbaiki mobil ayah?).

Pola ke 3.

Pola yg dipkai ketika meminta saran kepada orang lain.

......たらいいですか。(sebaiknya .....).

1. こんばん、なにを たべたらいいですか。(nnti mlm, sebaiknya makan apa ?).

Jwb: すきやきを たべたらいいです。(sbaiknya mkn sukiyaki).

2. はが いたいんですが、どこで いいくすりを かったらいいですか。(gigi saya sakit, sebaiknya beli obat yg bagus  dimna?).

3. おかねがないんですが、 どうしたら いいですか。(tdk ada uang, sebaiknya bagaimna?)

Jwb: ともだちに かりたらいいです。(sebainya pinjem ke teman).

Pola ke 4.

Objeknya di jadikan topik, dimana partikel を/が apabila ditarik menjadi topik mka partikelnya berubah jd は。

Kb (objek) は すき/きらい、じょうず/へた、あります/います。

1. あした、コンサートを みに いく?

はい、コンサートは にぎやかから, いくよ。(ya, karena konser itu rame, sy pergi).

いいえ、 コンサートは すきじゃないから、いかない。
(tdk, krena tdk suka konser, tdk pergi).

Pola ke 1.

Kata kerja potensial (bisa/ yg mengandung suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan) 
kt kerja ini sama dg pola ....ことが できます。
Kita lihat perubahannya.

1. Golongan 1.
Vokal い sblm ます、dirubah ke vokal え+ます。

い   
ち   
り   

び   
に   
み   

き     
ぎ     
し     

Potensial (bisa....)


あいます    あえます 
とります    とれます
かちます    かてます

あそびます   あそべます
しにます       しねます
よみます       よめます

いきます       いけます
およぎます   およげます
はなします    はなせます

2. Golongan 2.

ます hilang, diganti られます

たべます    たべ られます
あけます   あけ られます

みます    み られます
でます   で られます

Spesial: 

おきます   おき られます
かります   かり られます
おります   おり られます

3. Golongan 3.

きます     こられます
します     できます

うんてんします  うんてん できます
しゅうりします   しゅうり できます

Kata kerja yg tdk bisa dirubah pontensial (sudah potensial)
わかります
なります
できます
ふとります
やせます

2. Contoh penggunaan klimat potensial. Klimat potensial partikel を、berubah jd

1. かんじ よめます。(bisa membaca kanji).
2. ぎんこうで おかね かりられます。(di bank bisa meminjam uang).
3. ちちは くるま うんてん できました。(ayah, sudah bisa mengendarai mobil).

Untuk partikel selain を、tdk berubah menjadi が。sperti partikel へ、に.

Bukan ひとりで。tp じぶんで。。beda artiじぶんでくつがはけます。
saya bisa memakai sepatu sendiri.

Ini contoh negatif:
あした、えいが が みられません。
Besok tidak bisa menonton film。

にほんじんはからいたべものがたべられません。
Orang Jepang tidak bisa makan makanan pedas.

わたし は ピアノ が ひけません。
Saya tidak bisa bermain piano。

Pola ke 3.
Perbedaan みえます(terlihat) tanpa usaha, dg みられます(bisa melihat)., 
きこえます (terdengar) tanpa usaha,  
dg きけます (bisa mendengar) 

1. いえの なかから、やま みえます。(dari dalam rumah terlihat gunung). (Tanpa usaha).

1. めがねで ちいさいじ みられます。
(dengan kacamata, bisa meliht huruf yg kecil). (Ada usaha, dg kcamata).


2. 3がい から、せんせいのこえ きこえます。(dari lantai 3 terdengar suara sensei). (Tanpa usaha).

2. でんわで こいびとの こえ きけます。( dengan telp, bisa mendengar suara pacar).( ada usaha dg telp).

Pola ke 4.

.....ができます。(jadi, selesai, rampung, kelar). 

1. らいしゅう、あたらしいうちが できます。( minggu dpn, rumah baru akan jadi).

2. 7じに あさごはんが できました。(jam 7 pagi, sarapan pagi sudah jadi).

3. フィコさんは こどもが できました。(sdr fiko, sudah muncul anaknya).

4. おととし から メイカルタ が できて いない。
(dari dua tahun lalu,  meikarta belum rampung). 

Pola ke 5.

Partikel は yg menyatakan perbandingan.

1. ビールは のみますが 、さけは のみません。( sy minum bir, tetapi tdk minum sake).

2. バイクは のれます が、くるまは のれません。( sy bisa mengendarai motor, tetapi tdk bisa mengendarai mobil).

Pola ke 6.

....も (juga) sama persis dg pola bab 1 yg dulu..dipakai apabila ada persamaan.

日本語が はなせます。えいご はなせます。( sy bisa bicara bhs jpg, dan juga bisa bicara bhs inggris)..

Pola ke 7.


......しか.......(negatif). (Selain/hanya.....).

1. きょうしつに わたし しか いません。(dikelas, selain saya tdk ada).

2. あなた しかすき  じゃないです。( selain kmu, sy tdk suka).

Pola ini sama dg pola だけ(hanya).
だけ......(positif).
しか.....(negatif).

Gak ada ruginya klw belajar, sensei yakin seyakin yakinnya, yg ada yg rugi dan nyesel itu yg tdk beljar...jd mohon dg sangat, buat masa depan sendiri tolong yg semangat bljarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksara Jawa lengkap

Panggih Manten

MATERI BAB 47-50 MINNA NIHON GO 2