MATERI BAB 19-21 MINNA NIHON GO 1

Ok skrg kita masuk ke bab 19

Perubahan kt kerja bentuk た。

Kt kerja dlm bhs jpg dibagi menjdi 3 golongan, yaitu:

1. Golongan 1 (kt kerja yg seblm kata ます、bervokal い。

ち       った

に       んだ

き       いた
ぎ       いだ
し       した
#khusus いきます> いった

Golongan 2.
Ciri golongan 2 itu, sblm kata ます、bervokal E (え). Untuk golongan 2, cukup menghilangkn kt ます dan diganti dengan た。

あげます > あげ
たべます > たべ
しめます >  しめ

Ciri lainnya, kosakata yg terdiri dr 3 huruf.
います   > い
みます  > み
ねます  > ね

Spesial (meski bervokal い、tp ini golongan 2. Wajib dihafalin.

おきます   > おき た
かります   > かり た
あびます   > あび た
おります   > おり た
たります   > たり た
できます   > でき た

Golongan 3

きます > きた
します >した
べんきょうします > べんきょうした

Sm persis dg perubhn bentuk て。

Pola ke 2

Pola yg dipakai untuk menyatakan sebuah pengalaman.

kt kerja た +ことが あります。(pernah........).

1. 先生は 日本へ いった ことが あります。( sensei pernh pergi ke jpg).

2. わたしは おばけ を みた ことが あります。(sy pernh melihat hantu).

Negatif

1. おさけを のんだ ことが ありません。( sy tdk pernh minum sake).
2. しんかんせん に のった ことが ありません。(sy tdk pernah naik shinkansen).

Pola ke 3.

Pola yg menyatakan beberapa aktifitas, dalam satu waktu namun tdk terfokus pada urutan waktu ( ....て.....て).


......たり .......たり.......します。

1. きょう スーパーへ いったり、えいがを みたり します。(hari ini pergi ke supermarket, menonton film).
2. きのう、せんたくしたり、りょうりをしたり しました。(kmrin sy mencuci pkaian, dan memasak).
3. らいしゅう、デーパードで かいものしたり、こうえんを さんぽしたり したいです。(minggu depan sy ingin, belanja di departemen store, dan jln jln di taman).
4. あした、くすりを のんだり、びょういんへ いったり しなければ なりません。(besok sy harus minum obat dan pergi ke rumah sakit).

Kt tanya: 
なにを しますか。
なにを しましたか。
dll

Pola ke 4.

........なります。(menjadi.....).

Untuk kt sifat い、 huruf い hilang diganti く +なります。

........く なります。

あつく なります。(menjadi panas).
おおきく なります。(menjadi besar).

Untuk kt sifat な。

......に なります。

じょうずに なります。(menjadi pandai).
げんき に なります。(menjadi sehat).

Kt tanya: 
どう なりますか。(menjadi bagaimana?).

1. まいにち、べんきょうしますから、じょうずに なります。(karena setiap hr belajar, akan menjadi pandai).
2. 8がつに にほんは あつく なります。(bulan 8, jepang menjadi panas). 

Untuk kb (profesi).
せんせい に なります。(menjadi guru).
ぎんこういんに なります。(menjadi pegawai bank).

Klw dipakai buat pertanyaan tetang cita cita:

あなたは なんに なりたいですか. 
(kmu ingin menjadi apa?).

Jwb:
せんせいに なりたいです。(ingin jd guru).
ぎんこういん に なりたいです。(ingin menjadi pegawai bank).

た termasuk informal (bentuk biasa) jd kurang sopan.

Misal: ごはんを たべた。

hrs tetap melihat lawan bicaranya..
なります > なった
げんきに なった。(jd sehat) 

Bab 20

Rumusan kt kerja bentuk biasa:
kt kerja
....ます      .....る
....ました   .....た
.....ません   .....ない
.....ませんでした   .....なかった

Contoh:
いきます  > いく
いきました > いった
いきません  > いかない
いきませんでした >  いかなかった

kt sifat い
Untuk kt sifat い、cukup menghilngkn kata ですsaja.

あついです  > あつい
あつかったです > あつかった
あつくないです  > あつくない
あつくなかったです > あつくなかった

kt sifat な 
ひまです > ひまだ
ひまでした > ひま だった
ひまじゃありません > ひまじゃない
ひまじゃありませんでした  > ひまじゃなかった

Kt benda= kt sifat な
あめです > あめだ
あめでした > あめだった
あめじゃありません > あめじゃない
あめじゃありませんでした > あめじゃなかった

apakah seperti ini sensei 🙏
あります = ある
ありました = あった
ありません = ない
ありませんでした = かった

Cb kerjakan lg
1. いきます   > いく
    いきました > いった
    いきません > いかない
    いきませんでした > いかなかった
2. できます > できる
    できました > できた
    できません >  できない
   できませんでした > できなかった
3. きます > くる
    きました > きた
    きません > こない
    きませんでした > こなかった

Lanjut ke perubahan kt sifat な dan kt benda.
1. ゆうめい
2. びょうき

1. ゆうめいです> ゆうめいだ
ゆうめいでした > ゆうめいだった
ゆうめいじゃありません > ゆうめいじゃない
ゆうめいじゃありませんでした > ゆうめいじゃなかった

2. びょうきです> びょうきだ
びょうきでした > びょうきだった
びょうきじゃありません > びょうきじゃない
びょうきじゃありませんでした > びょうきじゃなかった

Hai kita masuk ke penggunaan klimat bentuk biasa.
1. どこへ いきますか。
どこへ いく? huruf か diganti tanda tanya.
Jawab: とうきょうへ いきます。
とうきょうへ いく。
2. きのう、レストランで たべた?
うん、たべた。
ううん、たべなかった。
3. いま、なにを して いる?。
日本語を べんきょうして いる。
ごはんを たべて いる。

Klw misalnya peryataan biasa.
1. せんしゅう、ともだちにあった。(kmrin bertemu dg teman).
2. きんようび、しけんが ある。(hr jumat, ada ujian).
Contoh lain misal sensei pke pola bab 19.
1. ...ことが あります。
すしを たべたことが ある?
うん、たべたことがある。
ううん、たべたことが ない。

boleh menghilngkan partikel:

すし たべたこと ある?
うん、たべたことある。
ううん、たべたことない。

Skrg ke kata sifat dan kt benda.
1. 日本は どうですか。
日本は どう?
Jwb:
日本は あつい。
日本は きれいだ。

2. アスティさんは きれい?
Jwb:
うん、きれいだ。
ううん、きれいじゃない。

3. いま、いそがしい?
Jwb:
うん、いそがしい。
ううん、いそがしくない。

4. せんせいの うちを しっていますか。
せんせいの うち を しってる?
jwb;
うん、しってる。
ううん、 しらない

5. いすに すわっても いい?
うん、すわっても いい。
ううん、すわっては いけない。

intinya bentuk biasa ini tdk memakai kata ます dan です。

Skrg penggunaan けど(tetapi) bentuk biasa dr (が).
1. チレボンは あついですが ゆうめいです。
チレボンは あつい けどゆうめいだ。
2. 日本語は むずかしい けど おもしろい。(bhs jpg susah tapi menarik).

Klw sebab akibat (....から).
1. おかねがありませんから、かいものしません。
おかねが ない から、かいものしない。

2. きれいですから、すきになります。
きれいだから、すきに なる

3. あめですから、どこもいきません。
あめだから、どこもいかない。

4. さむいですから、まどを しめてください。
さむいから、まどを しめて。
...てください > ......て。


Bab 21
Pola ke 1

Kalimat perkiraaan/ klimat dugaan.
Kt kerja biasa + と おもいます。( saya pikir/ sy rasa........).

1. らいげつ、日本へ いく と おもいます。
( sy pikir, bulan dpn akan pergi ke jpg).
2. きょう、せんせいは みのりへ こないとおもいます。(sy pikir, guru hari ini tdk dtg ke minori).
3. せんげつ、日本は さむかったと おもいます。(sy pikir, bulan lalu Jepang dingin).


 Berikutnya untuk kt sifat dan kt benda.
kt sifat い。

1. 日本りょうりは おいしい とおもいます。(sy pikir, msakan jpg rasanya enak).
2.  こんしゅうの しけんは むずかしくないと おもいます。(sy pikir, ujian minggu ini tdk sulit).

kt sifat な dan kata benda.
1. やまださんは いちごが すきだ と おもいます。
(sy pikir, sdr yamada suka strawberi).
2. きょうとう は にぎやかじゃないと おもいます。(sy pikir, kyoto tdk ramai).
3. あのひとは せんせいだと おもいますが、がくせいです。(sy pikir dia adalah guru, tetapi ternyata murid).

Pola ke 2

Klimat kutipan.
Ucapan/ klimat bentuk biasa + と いいます。

Klw ucapan (salam) pakai ....といいます。

1. たべるまえに "いただきます" と いいます。(sblm mkn, berkata slmat makan).
2. あさ おきてから、" おはようございます" と いいます。( setelh bangun pagi, berkata selmat pagi).
Kt tanya: なんと いいますか?.(berkata apa?).

Berikutnya berupa kutipan pembicaraan, dr org pertama ke orang ke 3.
 Klimat bentuk biasa+ といいました。(berkata....).

1. せんせいは あした こないと いいました。(guru berkata, bahwa  besok tdk dtg).
2. ニサさんは らいねん けっこんする と いいました。(nisa berkata, bahwa tahun dpn akan menikah).

Kt tanya: なんと いいましたか。(berkata apa?).

Pola ke 3
Klimat penegasan.
Kt kerja, kt sifat い biasa+ でしょう。( ya kan?).

1. きんようびに しけんが ある でしょう。(hr jumat, ada ujian kan?).
2. フィコさんは けっこんしているでしょう。(sdr Fiko, sudah menikah kan?).
3. せんしゅう、やすんだ でしょう。(minggu lalu liburkan?).
4. アフリカは あついでしょう。(afrika panas kan?).

でしょう= だろう。yg sering sensei ucapin, だろう(ya kan) bentuk biasa.

Skrg yg kt sifat な dan kt benda. 
Untuk pola でしょう ini, kt sifat な dan KB tdk usah pke だ.

1. にちようび ひま でしょう。(hr minggu senggang kn?).
2. さかなが すきでしょう。(suka ikan kan?).
3. インタンさんは みのりの がくせい でしょう。(intan murid minori kn?).
4. ファニさんは どくしんでしょう。( sdr fani, msh single kn?).

Pola ke 4

Kb (tempat) で objek (aktivitas) が あります。

1. とうきょうで BTSのコンサートが あります。(di tokyo ada konser BTS).
2. じむしょで かいぎが あります。(di kantor ada rapat).

Sdkit berbeda dg yg sblumnya:
Kb (tempat ) に objek (benda mati) が あります。
1. じむしょ に ほんが あります。(di kantor ada buku) objeknya bukn aktivitas.

Lanjut pola yg terakhir 
.....ないと。(...ないと いけなません) bhs lisan.
Pola ini sama dg ..なければなりません。(bhs tulisan).

1. しけんが あるから、べんきょうしないと。(karena ada ujian, hrs bljar).
2. のどがかわいたから、みずを のまないと。(karena haus, harus minum obat).

Klw dlm percakapan (lisan) pakai ...ないと。
Wihhhh keren juga yah..

Kt tanya : どう おもいますか。
日本に ついて、 どうおもいますか。
(menurut kmu jpg bagai mana?).
Jwb:
日本に ついて きれいだとおもいます
(sy pikir jepang itu indah).

ます     る
ました    た
ません     ない
ませんでした    なかった

です     だ
でした     だった
じゃありません   じゃない
じゃありませんでした   じゃなかった

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksara Jawa lengkap

Panggih Manten

MATERI BAB 47-50 MINNA NIHON GO 2