MATERI BAB 4-6 MINNA NIHON GO 1

Oke kita masuk bab 4

Perubahan kata kerja.

Ciri kata kerja (....ます)
おきます
ねます
べんきょうします
はたらきます
やすみます
おわります Dll. 
Perubahan kata kerja
おきます (+) (bangun)
おきません (-)(tdk bangun)
おきました (+ lampau) (sudah bangun)
おきませんでした (- lampau)(tidak bangun).
Keterangan waktu lampau:
けさ (tadi pagi)
きのう (kemarin)
きのうの ばん(kemarin mlm)
おととい (2hr  yg lalu)
せんしゅう (minggu lalu)
せんげつ (bulan lalu)
きょねん( thn lalu)

Ketika keterangan waktunya lampau, maka kata kerjanyapun berubah menjadi lampau, yaitu: ..ました dan ませんでした。
Contoh klimat:

きのう、べんきょうしました。(kemarin sudah belajar).
けさ、べんきょうしませんでした。(tadi pagi, tidak belajar).

Sedangkan ini adalah keterangan waktu yg blm terjadi:
あした (besok)
あさって (lusa)
らいしゅう( minggu depan)
らいげつ (bulan depan)
らいねん(tahun dpn)

Contoh;

あした、べんきょうします。(besok akan belajar)
らいしゅう、べんきょうしません。(minggu dpn, tdk belajar).

Nama nama hari:
げつ
すい
もく       + ようび。
きん
にち

Kemudian belajar tentang jam (....じ)
いちじ (jam 1)
にじ (jam 2)
さんじ (jam 3)
よじ (jam 4)
ごじ (jam 5)
ろくじ (jam 6)
しちじ(jam 7)
はちじ (jam 8)
くじ (jam 9)
じゅうじ (jam 10)
じゅう いちじ( jam 11)
じゅうにじ (jam 12)

(?) なんじですか。(jam berapa?)

Skrg masuk ke menit
Cara baca ぷん (pun)
1 いっぷん ( 1, 21,31,41,51)
3 さんぷん (13, 23,33,43,53)
4 よんぷん (14,24,34,44,54)
6 ろっぷん (16,26,36,46,56)
8 はっぷん (18,28,38,48,58)
10 じゅっぷん (10, 20,30,40,50)
khusus 30 menit, bisa dibaca juga dg はん。
Cara baca ふん (fun)
2 にふん (12,22,32,42,52)
5 ごふん (15,25,35,45,55) 
7 ななふん (17,27,37,47,57)
9 きゅうふん(19,29,39,49,59)
Contoh:
ぷん
1. 7: 23 (しちじ にじゅうさんぷんです。)
2. 5: 41 (ごじ よんじゅういっぷんです。)
3. 6:30 (ろくじ はんです。)
ふん
8: 15 (はちじ じゅうごふん)
10: 12 (じゅうじ じゅうにふんです。)

Pola 1
jam dan menit
Pola 2
perubahan kt kerja positif dan negatif
Pola 3 
penggunaan keterangan waktu.
Pola 4

Penggunaan partikel に。partikel に (pada) hanya bisa diletakan ketika keterangan waktu tersebut mengandung angka/bilangan dan nama hari.
Contoh:
8じ に べんきょうします。(belajar pada jm 8).
6がつに はたらきます。(bekerja pada bulan 6)
にちようびに やすみます。(libur pada hari minggu).

Untuk keterangan hari, boleh pke に boleh tidak (sunah).
Kata tanya untuk menanyakan waktu aktivitas :
1. なんじに おきましたか。(bangun jam berapa ?)
Jwb: 5じにおきました。

2. なんじに べんきょうしますか。(belajar jam berapa?)
Jwb; 8じに べんきょうします。

Pola ke 5

から (dari) まで (sampai)

Polanya: KB から KB まで

1. 1ばんから 5ばんまで です。(dari nomer 1 sampai nomer 5)
インドネシアから にほんまで です。(dari Indonesia sampai Jpg)

2. 8じから 5じまで べんきょうします。(belajar dr jam 8 sampai jam 5).
チラチャプから チカランまで ねます。(dari cilacap sampai cikarang tidur)

Kt tanya:
なんじから なんじまで ですか。(dari jam berapa sampai jam berapa?)

なんじから なんじまで べんきょうしますか。(belajar dr jam berapa sampai jam berapa?)

Pola ke 6

Partikel と (dan).

Polanya : KB と KB 

1. どようびと にちようびです。(sabtu dan minggu)
2. ほん と ボールペンです。(buku dan pensil).
3. ミラーさんと ワットさんです。(miller dan watt)

Pola ke 7
imbuhan (yah).
やすみですね。(libur yah)

Bulan (がつ)
いちがつ
にがつ
さんがつ
しがつ
ごがつ
ろくがつ
しちがつ
はちがつ
くがつ
じゅうがつ
じゅういちがつ
じゅうにがつ
(?) なんがつですか。(bulan apa?).

bab 5
Pola ke 1 

Ket. tempat へ いきます/きます/かえります。

partikel (dibaca E) artinya KE (menyatakan tujuan).

1. みのりへ いきます。(pergi ke minori).
2. にほんへ いきません。(tdk pergi ke minori).

1. パーティーへ きます。(dtg ke pesta).
2. きのう、みのりへ きました。(kemarin dtg ke minori).

1. うちへ かえります。(pulng ke rumah).
2. せんしゅう、うちへ かえりませんでした。(minggu lalu, tdk pulng ke rumah).

Kt tanya untuk menanyakan tujuan:
どこへ いきますか。
どこへ きますか。
どこへ かえりますか。

jd pke どこへ

Pola ke 2
Penggunaan 
どこも いきません。
どこもいきませんでした。(tdk pergi kemana mana). 
Ada partikel diikuti kt kerja negatif.
Misal:

1. あした、どこへ いきますか。(besok mau pergi kmn?).
Jwb: 
みのりへ いきます。(pergi ke minori).
どこも いきません。(tdk pergi ke mana mana).
2. きのう、どこへ いきましたか。
jwb: 
みのりへいきました。
どこも いきませんでした。(tdk pergi kmn mna)

Pola ke 3.

Kb (kendaraan) で いきます/きます/かえります。

Partikel で (naik)

1. バスで みのりへ いきます。(pergi ke minori naik bus).
2. じどうしゃで がっこうへ きます。(dtg ke sekolah naik mobil).
3.でんしゃで うちへ かえります。(pulang ke rumah naik kereta).

khusus あるいて (jalan kaki) tdk pakai partikel で。

あるいてみのりへ いきます。(pergi ke minori jalan kaki)
Kt tanya untuk menanyakan naik apa adalah:
なんでいきますか。
なんできますか。
なんでかえりますか。

Pola ke 4.
Perginya dg siapa (orang/binatang).

Kb (orang/binatang) と kt kerja.

Untuk partikel ini, artinya (dengan/bersama).

1. ともだちと みのりへいきます。(pergi ke minori dg teman).
2. かぞくと アメリカへ いきます。(pergi ke amerika dg keluarga).

Untuk partikel と、ini juga bisa dg kata kerja lain.
かれとべんきょうします。(beljar dg pacar laki laki).
かぞくと はたらきます。(bekerja dg keluarga).

Kt tanya yg dipkai untuk menanyakan denga siapa, adalah:
だれといきますか。
だれときますか。
だれとかえりますか。
Atau
だれとべんきょうしますか。

Pola ke 5.
いつ (kapan).kt tanya yg dipkai untuk menanyakan waktu secara umum/luas.
Misal:
いつ にほんへ いきますか。(kpn pergi ke jpg?).
Jawab:
あした、10じに にほんへ いきます。(besok, jam 10 pergi ke jpg)
げつようびに にほんへ いきます。(pergi ke jpg hr minggu).
6がつに にほんへ いきます。(pergi ke jpg bulan juni).
ことし にほんへ いきます。(th ini pergi ke jpg).

Tanggal (...にち)
ついたち
ふつか
みっか
よっか
いつか
むいか
なのか
ようか
ここのか
とおか

じゅうよっか (14)
はつか (20)
にじゅうよっか(24)

Selain tgl tgl diatas, maka pakai にち。
11にち
12にち

Khusus 
19 じゅうくにち
29 にじゅうくにち

Ada kata tanya seperti ini:
なんがつ ですか。(bulan apa?)
なんにちですか。(tgl berapa).

1. たんじょうびは なんがつ、なんにちですか。(ulang tahunya bulan dan tgl berapa?)
Jwb: たんじょうびは 2がつ、ついたちです。(ulang tahunya bulan 2,tgl 1)

Lanjut lagi..
みなさんの たんじょうびは なんがつ、なんにちですか?
アスティ・ムアジザ: たんじょうびは 8 がつ、むいかです。
(Ulang tahunnya bulan 8, tgl 6).

Ini juga bisa diganti dg;
たんじょうびは いつですか。(ultahnya kpan?)

Pola ke 2 aslinya seperti ini:
Apbila ada kata tanya (だれ、どこ、なに) diikuti も  dan diakhiri kalimat negatif maka berarti "tidak melakukan apa apa".

どこも いきません。(tdk pergi kemana mana).
だれも いません。(tdk ada siapa siapa).
なにも しません。(tdk melakukan apa apa)
なにも たべません。(tdk makan apa apa).
Tambahan..klw ひとりで(seorang diri) tdk bisa pke partikel と. 

Misal:
ひとりで、みのりへ いきます。(pergi ke minori seorang diri).
ひとりで べんきょうします。(belajar seorang diri).

Bab 6

Pola ke 1.

Kalimat transitif ( kalimat yg membutuhkan objek).
Misal:

Makan > Makan telor.( telor sebagai objek)
Minum. > Minum kopi ( kopi sebagai objek)

Pada pola transitif ini ada partikel を (dibaca O).

Polanya : Kb (objek) を kt kerja.

1. たまごを たべます。(makan telor).
2. コーヒーを のみます。(minum kopi).
3. テレビを みます。(menonton Tv).
4. ラジオを ききます。(mendengarkan radio).

(?) Kt tanya yg dipakai:

なに を kt kerjaか。

なにをたべますか。
なにをのみますか。
dst。
Khusus untuk kt kerja あいます(bertemu). 

Orang に あいます。(bertemu....)

1. ともだちに あいます。
2. ミラーさんに あいます。

Pola ke 2.
Merubah kata benda menjadi kt kerja, dg cara:

Kt benda を します。(dg catatan kt benda tersebut mengandung aktivitas didalamnya).
Contoh: 
サッカー(sepak bola)
パーティー(pesta)
かいぎ (rapat)
しゅくだい (PR)
Dll.

Berubah jd kt kerja.

サッカーを します。(bermain sepak bola).
パーティーを します。(mengadakan pesta).
かいぎを します。(mengadakan rapat).
しゅくだいを します。(mengerjakan PR).

Pola ke 3.

Kalimat tanya yg dipakai untuk menanyakan aktifitas secara umum.

なにを しますか。(melakukan apa?).

Jwb:
ごはんを たべます。(makan nasi).
サッカーを します。(bermain bola).
テレビを みます。(menonton tv).
がっこうへ いきます。(pergi ke sekolah).
うちへ かえります。(pulang ke rumah).

Awas!! Klw tdk melakukan apa apa, jwb dg:
なにしません。(tdk melakukan apa apa)

Pola ke 4.

Penggunaan kata なん dg なに

なん hanya akan bertemu dg partikel 
で、の、と。(なんで、なんの、なんと).

なに hanya bertemu dg partikel 
を、も、が。(なにを、 なにも、なにが).

Pola ke 5. 

Kb (tempat)で kt kerja.

で (di). Menunjukan tempat akitifitasnya.

Contoh:
1.レストランで にくを たべます。(makan daging di restoran).
2. みのりで にほんごを べんきょうします。(belajar bhs jpg di minori).
3. へやで テレビをみます。(menonton tv di kamar).

(?) Kata tanya yg dipakai:

どこで kt kerjaか。

どこでにくをたべますか。(dmn makan daging?).
どこでにほんごをべんきょうしますか。(dmn belajar bhs jpg?)
どこでテレビをみますか。(dmn menonton Tv?).

Pola ke 6.

Kalimat ajakan (kalimat yg dipakai untuk mengajak seseorang).

Polanya; 
kt kerja ませんか. 
Biasanya ada kt tambahan いっしょに (bersama sama).

1. いっしょに たべませんか。(maukah makan bersama sama?).
2. いっしょに えいがをみませんか。(maukah pergi menonton film bersama sama?)
3. いっしょに みのりへいきませんか。(maukah pergi ke minori bersama sama?).

Pola ke 7.

Kt kerja ましょう。(kalimat ajakan dan juga kalimat tanggapan secara positif).

1. にほんへ いきましょう。(ayo pergi ke jpg).
2. かんじを べんきょうしましょう。(ayo belajar kanji).

Kalau yg ini, kalimat untuk menanggapi ajakan.
1. いっしょに たべませんか。(maukah makan bersama sama?).
Jwb: ええ、たべましょう。(ya, ayo makan).
2. いっしょに えいがを みませんか。(maukah menonton film bersama sama?).
Jwb: ええ、みましょう。(ya, ayo menonton.
Pola ke 8.

Imbuhan お didepan kosakata. Berfungsi sebagai penunjuk kata hormat.

Contoh:
くに( negara).
さけ( minuman sake).
はなみ (melihat bunga sakura).
Apabila menolak ajakan maka bisa dg kata:
いいえ、すみません ちょっと。(maaf, sy tdk bisa).

いっしょにたべませんか。(maukah makan bersama sama?).
いいえ、すみません ちょっと。 ( maaf, sy tdk bisa)

NOTE:
Sensei saya mau tanya untuk penggunaan ごぜん dan ごご itu digunakan dalam keadaan seperti apa?
apa dalam penyebutan jam sehari hari bisa menggunakan 2 kalimat itu?

Gozen 12mlm sampe 12 siang.
Gogo 12siang smpe 12mlm. Tp jarang dipakai. 
misal Sekarang jam 3:20.maka bisa diungkapkan dg :
ごご 3じ 20ぷんです。

untuk pengucapan nomer telepon itu di baca per angka, jd tdk pke ribuan, ratusan dll..

Misal : 081-4673-4279
Zero hachi ichi no yon roku nana san no yon ni nana kyuu
Tanda strip (-) dibaca "no"

Semisal dalam kalimat ada dua kata kerja dan kalimatnya bentuk lampau..apakah keduanya dikasih akhiran ta semua..
Semisal seperti ini sensei.
Tadi pagi saya nonton tv. Setelah itu saya makan roti. 🙏
Klw keterangan waktunya lampau mka berubah ke ました. 
......ました。それから.......ました.

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